Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ampel ini terletak di suatu wilayah kecil, tepatnya di Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Alamat lebih komplitnya Jl. Ahmad Yani No. 008, Ds. Candi, Kec. Ampel, Kab. Boyolali, 57352. Telp (0276) 331090
Jumat, 19 Februari 2010
Studi Banding Perpustakaan Ke SMP Negeri 2 Boyolali
Seperti yang telah direncanakan, akhirnya Tim Perpustakaan SMP Negeri 1 Ampel berangkat juga ke SMP Negeri 2 Boyolali dalam rangka Studi Banding Perpustakaan.
Dari SMP Negeri 1 Ampel, Tim berangkat berangkat pukul 08.00 WIB dan sampai di tujuan pukul 08.30 WIB. Sebelum masuk ruang Perpustakaan , rombongan Studi Banding menuju Ruang Bapak Kepala Sekolah. Karena Bapak Kepala Sekolah sedang melaksanakan Tugas Luar, maka kedatangan kami disambut oleh Bapak Purwanto, dan kami langsung diperkenankan memasuki Ruang Perpustakaan yang berlokasi di belakang (disamping lapangan tenis).
Setelah sampai di Perpustakaan SMP Negeri 2 Boyolali, rombongan kami diterima oleh Tim Perpsutakaan, dikepalai Ibu Sri Haryati, bersama dengan petugas lainnya, Ibu Hardi Ayu dan Ibu Asih.
PENATAAN RUANG DAN TATA TERTIB PERPUSTAKAAN
Ruang Perpustakaan SMP Negeri 2 Boyolali terbagi menjadi 2 Ruang. Ruang Bawah adalah ruang referensi dan ruang Atas adalah ruang baca bagi siswa.
Ruang Bawah (Ruang Referansi)
Ruang ini berisi buku, majalah dan banyak bahan Pustaka yang bisa dipinjam oleh Siswa maupun oleh Guru ataupun Karyawan SMP Negeri 2 Boyolali. Dalam ruangan ini berisi rak-rak buku, rak referensi, almari buku baru, rak Bank Soal, rak majalah baru, rak Koran, ruang pelayanan, ruang tamu, ruang pelayanan maupun ruang proses.
Ruang Atas (Ruang Baca Siswa)
Ruang atas meruapakan ruang baca bagi siswa yang berisi dengan kursi baca, meja diskusi, ruang multi media maupun gudang untuk menyimpan bahan pustaka yang sudah tidak terpakai lagi. Ruang ini juga dilengkapi dengan LCD dan white board yang memungkinkan Guru untuk memberikan mata pelajaran di Perpustakaan.
Dalam ruang referensi maupun ruang baca banyak terdapat tulisan-tulisan yang sekiranya bisa menambah semangat belajar bagi siswa maupun menambah gairah siswa untuk memanfaatkan bahan pustaka di perpustakaan.
Tata Tertib dan Pelayanan Perpustakaan SMP Negeri 2 Boyolali
Untuk tata tertib dan pelayanan bagi pengunjung Perpustakaan, antara SMP Negeri 2 Boyolali dan SMP Negeri 1 Ampel, banyak terdapat kesamaan, tetapi juga terdapat perbedaan-perbedaan yang menambah pengetahuan bagi Para Petugas Perpustakaan SMP Negeri 1 Ampel. Perbedaan tersebut terletak pada :
1. Cara Peminjaman maupun pendataan Buku di Perpustakan SMP Negeri 2 Boyolali sudah menggunakan program khusus perpustakaan yang dinamakan Athenaeum Light 8.5 V1 yang dilengkapi dengan Infra Red sehingga memudahkan bagi petugas dalam melayani peminjaman.
2. Peminjaman buku di Perpustakaan SMP Negeri 2 Boyolali maksimal 2 buku dengan batas peminjaman maksimal 7 hari. Di Perpustakaan SMP Negeri 1 Ampel, batas peminjaman adalah 1 Buku maskimal 3 hari.
3. Di Perpustakaan SMP Negeri 2 Boyolali sudah ada Buku Khusus untuk penerimaan Koran, majalah dan tiap-tiap bahan pustaka, dan hal ini menjadi pemicu semangat bagi kami untuk lebih melengkapi pencatatan dan kelengkapan perpustakaan.
4. Untuk peminjaman buku yang masuk dalam penomoran buku, seperti buku fiksi maupun non fiksi, dapat menggunakan kartu anggota perpustakaan yang sudah dilengkapi dengan penomoran khusus infra red sehingga memudahkan petugas mendata peminjam, untuk bahan pustaka yang tidak menggunakan penomoran, seperti kliping maupun tugas siswa, menggunakan Kartu Perpustakaan.
Untuk tata tertib yang berlaku bagi siswa maupun pengunjung perpustakaan yang lain adalah sama.
Penambahan yang Diperlukan Untuk Perpustakaan SMP Negeri 1 Ampel
Setelah melihat dan mengamati semua aspek dalam Perpustakaan SMP Negeri 2 Boyolali, ada beberapa hal yang perlu ditambahkan dalam pelayanan perpustakaan, hal-hal tersebut antara lain :
1. Kursi baca bagi siswa untuk menggantikan meja Carel yang banyak memakan tempat.
2. Penggunaan program khusus perpustakaan, sehingga memudahkan bagi petugas dalam melayani peminjaman.
3. Penambahan koleksi buku dan bahan pustaka serta rak untuk penyimpanan.
4. Pembuatan atau pembelian rak khusus untuk CD pembelajaran.
5. Pembuatan ruang proses, gudang untuk pengolahan buku, baik baru maupun lama
6. Pembuatan rak majalah, meja diskusi bagi siswa.
7. Penambahan ruang kerja bagi guru berikut kelengkapannya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan, kalau Anda mempunyai masukan, kritik ataupun saran yang membangun, silahkan ketik disini